-->

VISI DAN MISI GAOPKTAN "RUKUN TANI" DESA KEMIRI LOR


NAMA LEMBAGA

“RUKUN TANI”

ALAMAT
Desa Kemiri Lor – Kecamatan Kemiri – Kabupaten Purworejo – Jateng


VISI  DAN  MISI

Visi dan Misi Gapoktan Rukun Tani diharapkan agar memiliki kekuatan yang nyata dalam perwujudan peningkatan produksi pertanian didesa Kajarharjo. Visi dan Misi ini mencangkup aspek-aspek geografis, sumber kekayaan alam, kependudukan, dan sosial budaya. 

1. Visi Gapoktan Rukun Tani
Visi berkaitan dengan pandangan kedepan menyangkut kemana Gapoktan Rukun Tani harus dibawa agar dapat berkarya secara konsisten, tetap eksis, antisipatif, inovatif serta produktif.

Upaya pemantapan peningkatan produksi pertanian ditingkat desa merupakan bagian integral dari pembangunan desa, oleh sebab itu visi dan misi pembangunan pemantapan peningkatan produksi pertanian Gapoktan Rukun Santoso dirumuskan dan mengacu kepada visi dan misi pembangunan pemantapan ketahanan keluarga. Adapun Visi Gapoktan Rukun Tani dapat dirumuskan sebagai berikut:

“ Merwujudkan peningkatan produksi pertanian di tingkat rumah tangga dan desa berbasis kemandirian lokal dan berkelanjutan ”

Rumusan visi mengandung pengertian sebagai berikut:

Peningkatan produksi pertanian di tingkat rumah tangga dimaksudkan sebagai terciptanya suatu kondisi ketersediaan pangan yang layak dikonsumsi dalam jumlah yang cukup pada tingkat rumah tangga, baik  dari segi mutu, beragam dan berimbang, merata, murah, aman, halal dan terjangkau oleh seluruh masyarakat.

Berbasis kemandirian lokal dimaksudkan sebagai potensi pangan lokal dan potensi sumber pangan masyarakat lainnya, dikelola dengan baik oleh masyarakat setempat menjadi sumber pangan dan gizi masyarakat.

Berkelanjutan dimaksudkan sebagai upaya sadar semua komponen masyarakat dalam pengelolaan sumber pangan yang ramah lingkungan, dan memberikan perlindungan dan pelestarian terhadap pangan lokal spesifik pada setiap poktan.

2. Misi
Misi Gapoktan adalah mewujudkan keberdayaan dan kemandirian petani dalam pemantapan peningkatan produksi pertanian, mulai dari tingkat rumah tangga, desa serta mendukung peningkatan produksi pertanian nasional yang berkelanjutan, yang berbasis pada sumberdaya local.

Misi Gapoktan adalah:
Meningkatkan peran serta masyarakat dalam upaya mengembangkan peningkatan produksi pertanian pada tingkat rumah tangga sesuai sumberdaya dan dukungan lokal.
Meningkatkan mutu pelayanan, pengkajian pengembangan dan pemantapan kebijakan yang menyangkut aspek tekhnis budidaya dan pengendalian HPT /OPT, koordinasi pelayanan pembiayaan bagi petani, distribusi saprodi dan pemasaran

Mengembangkan koordinasi dan hubungan yang harmonis antara lintas sektor, lintas pelaku dan lintas wilayah dalam kegiatan perencanaan, implementasi, pemantauan dan evaluasi kebijakan Gapoktan.

Disqus Comments