-->

Panen Padi Di Desa Kemiri Lor

desa kemiri lor
Warta Kemiri Lor - Desa Kemiri Lor merupakan salah desa agraris atau desa pertanian, memiliki jumlah lahan pertanian yang cukup luas. Komoditas pertanian yang di tanam di lahan sawah tersebut hampir semuanya adalah tanaman Padi.


Panen Padi tahun ini menuai hasil yang memuaskan. Berbeda dengan tahun lalu panen padi kali ini lebih baik karena hama tikus tidak menyerang.

Meskipun suasana panas terik, hari – hari di lahan persawahan terlihat sibuk, tidak hanya petani pemilik lahan tetapi banyak juga para petani penggarap, buruh panen. Ada yang sedang babad tanaman padi, ada yang sedang gepyok, ada juga yang sedang sibuk mengais sisa buliran padi yang sudah digepyok, ada juga para tukang pencari rumput yang asik mengumpulkan damen (tanaman padi yang sudah dipanen), mereka sibuk dengan aktifitasnya sendiri – sendiri. Panasnya matahari tidak mereka hiraukan, gatalnya tubuh karena bulu – bulu tanaman padi tidak mereka rasakan, mereka hanyut dalam suka cita. Karena sistem memanen kebanyakan masih menggunakan cara tradisional (non mesin), maka nuansa kebersamaan masih terlihat. Banyaknya jumlah penduduk di desa ini yang secara tidak langsung berimplikasi pada jumlah angka pengangguran produktif, maka tidak kesulitan kepada para petani pemilik lahan mencari tenaga buruh panen.
hanif desa kemiri lor
Semoga kedepan desa Merden benar – benar menjadi desa agraris yang maju dalam segala hal melalui optimalisasi peran di sektor pertanian. Jangan malah sebaliknya, desa tidak mendapatkan peran positif sehingga disatu sisi pemerintah harus melakukan upaya untuk memfasilitasi kebutuhan petani tetapi di sisi yang lain desa tidak tahu ukuran yang real terkait kontribusi petani kepada desa. Apalagi saat ini desa dihadapkan dengan berbagai pekerjaan untuk melakukan upaya pembangunan masyarakat disegala bidang. Desa tidak bisa selamanya menggantungkan pada alokasi dana dari pemerintah sebagai modal pokoknya, justru alokasi tersebut harus difungsikan sebagai penopang atau penguat program. Insha Alloh kalau pemerintah desa bisa menerapkan fungsi tersebut, desa ini bisa mewujudkan kesejahteraan masyarakatnya, amin.


Disqus Comments