-->

Babat (membersihkan makan)

Warta Kemiri Lor - Menjelang datangnya bulan suci ramadhan, banyak hal yang bisa dilakukan oleh masyarakat. Di Desa Kemiri lor, masyarakat menyambut datangnya bulan puasa dengan melakukan pembersihan makam secara masal. Kegiatan yang merupaan tradisi turun temurun ini juga diikuti warga kampung yang merantau.

Mereka membawa seluruh anggota keluarga menuju pemakaman. Selain melakukan do'a yang dipimpin sesepuh desa setempat, mereka membersihkan jalan masuk lingkungan hingga di pemakaman. 

Menurut warga, kegiatan ini merukapan tradisi turun temurun yang selalu di tunggu warga karena biasanya sejumlah keluarga jauh sengaja pulang kampung dan datang pada saat kegiatan ini.
Sehingga tidak hanya pada saat lebaran mereka mudik, namun juga menjelang bulan suci ramadhan. Menurut kepercayaan, kegiatan bersih makam ini bisa menambah keyakinan agar mereka diberi kekuatan dalam menjalankan ibadah puasa.

Usai membersihkan makam, biasanya mereka berdoa bersama di makam keluarga masing-masing. Kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa, namun juga anak-anak. Mereka diharapkan bisa dilatih berpuasa, walaupun belum cukup umur.

Disqus Comments