-->

Pentingnya sanitasi lingkungan

Tahukah Anda bahwa sanitasi yang buruk merupakan penyebab terbesar kedua timbulnya penyakit di dunia ini? Sanitasi sendiri adalah segala upaya yang kita lakukan untuk mewujudkan kondisi lingkungan yang sesuai dengan persyaratan kesehatan.

Sebagai bagian dari sanitasi, pengelolaan limbah menjadi salah satu faktor penting yang patut diperhatikan. Pembuangan limbah sembarangan tidak hanya dapat mengganggu keseimbangan ekosistem, namun juga kesehatan manusia.

Pernahkah terbayang dalam benak Anda jika sayur dan buah, yang selama ini dikenal sebagai asupan sehat, ternyata sudah tercermar oleh limbah? Tak hanya mencemari udara, limbah yang tidak dikelola dengan baik juga dapat mencemari air dan tanah, sumber pertumbuhan bagi sayur dan buah yang selama ini kita konsumsi.

Bank Dunia mencatat bahwa penyakit akibat sanitasi yang tidak layak di Indonesia pada tahun 2008 mencapai 56 triliun. Bahkan, 120 juta penduduk Indonesia dilaporkan terserang penyakit diare per tahunnya (WSP-EAP 2008).

Di lain pihak, hasil studi organisasi kesehatan dunia (WHO) menunjukkan bahwa dengan sanitasi yang baik, terutama dalam lingkungan rumah tangga, dapat menurunkan 94 persen kasus diare. Menurunnya kasus diare amat berpengaruh dalam meningkatkan produktivitas dan juga taraf hidup masyarakat.

Hal ini menunjukkan bahwa sanitasi yang baik memang merupakan salah satu persyaratan mutlak bagi terciptanya hidup sehat dan berkualitas.

Sebagai perusahaan yang telah menemani keseharian masyarakat Indonesia selama lebih dari delapan dekade, melalui Project Sunlight, Unilever mengukuhkan komitmennya dalam membantu terciptanya kualitas hidup masyarakat yang lebih baik. Unilever akan menyediakan akses edukasi dan fasilitas sanitasi untuk anak Indonesia demi terciptanya hari esok yang lebih cerah. Kami percaya, sekecil apapun langkah yang dilakukan dalam memperbaiki sanitasi, dapat membawa dampak yang besar bagi generasi mendatang.

Disqus Comments